Ekonomi

Wabup Arifin Tekankan Perlunya Penguatan Ekonomi Lokal

Admin | Rabu, 14 Desember 2016 - 12:32:36 WIB | dibaca: 194 pembaca

Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin menekankan perlunya penguatan ekonomi lokal dalam mengahadapi persaingan global. Pernyataan wakil bupati termuda versi Museum Rekor Indonesia tersebut disampaikan pada seminar nasional yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Ekonomi UIN Sunan Ampel Surabaya, Selasa (13/12).

 

Bertempat di Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya, Wabup Arifin memaparkan strategi penguatan ekonomi lokal dalam menghadapi persaingan global kepada seluruh tamu undangan serta mahasiswa Ilmu Ekonomi di kampus tersebut.

 

"Tadi saya menceritakan bagaimana kita ingin memastikan trilogi pembangunan dijalankan dengan mengedepankan pemerataan baru pertumbuhan niscaya tercapai stabilitas," ucap wabup saat dikonfirmasi.

 

Wabup menambahkan bahwa pemerataan yang dimaksud adalah dengan cara menyiapkan kebijakan yang berpihak. Dirinya mencontohkan seperti halnya kredit bagi pedagang pasar. "Kemudian contoh lainnya, telah disepakati dan sedang dikaji di provinsi tentang peng-koperasian toko modern berjaringan, sebagai bagian dari penataan pasar tradisional dan toko modern di Trenggalek," ungkapnya.

 

Wabup Arifin mengatakan bahwa saat telah mengkaji bagaimana cara menggulirkan kredit lunak kepada petani dan memperluas jangkauan pembinaan koperasi pasar serta kredit gangsar untuk mengurangi gerak langkah rentenir. Dalam program tersebut, menurut Arifin, pemerintah daerah akan memfasilitasi atau mungkin membantu subsidi bunga. Namun, untuk saat ini yang dilakukan pemerintah daerah sementara adalah kerjasama.

 

"Tadi saya bertemu dengan Bapak Taufik Saleh dari Bank BI. Kami diminta matangkan formatnya dulu, jika dirasa sudah oke akan di-launch sama-sama," tutur Arifin. (Humas)










    Komentar Via Website : 3
    Obat Parkinson Tradisional
    27 Juli 2017 - 16:06:33 WIB
    AwalKembali 1 LanjutAkhir


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)