Beranda

Pergerakan Tanah Amblas Terbis Berkurang

Admin | Jumat, 30 Desember 2016 - 10:16:33 WIB | dibaca: 441 pembaca

Pergerakan tanah pada bencana tanah ambles di Desa Terbis yang santer diberitakan beberapa waktu lalu kini sudah menunjukkan adanya perlambatan pergerakan. Kamis (29/12) pergerakan tanah sudah mulai berkurang dibandingkan pada hari-hari sebelumnya.

Saat ini dilokasi kejadian, penurunan tanah terjadi hingga lebih dari 1 meter. Sehingga kondisi ini mengakibatkan infrastruktur jalan yang baru dibangun hancur total. Beberapa rumah wargapun juga harus dirobohkan untuk mengurangi resiko bahaya serta menyelamatkan sebagian harta benda yang masih bisa dipakai.

Tak hanya itu lebih dari 20 hektare lahan sawah warga, ikut mengalami keretakan sehingga mereka tidak lagi bisa bercocok tanam. Kondisi ini diperparah dengan kondisi listrik yang padam, karena sebagian tiang listrik roboh.

Mendapati kondisi ini, atas koordinasi Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan pihak terkait, PLN segera melakukan penggalian-pengalian lubang untuk tiang listrik baru menggantikan beberapa tiang yang roboh.

Beberapa titik tanah dikubangi dengan ukuran panjang 50 cm, lebar 50 cm sedangkan kedalamannya 2,5 m. Namun pelubangan ini juga tidak semulus yang dibayangkan, pasalnya ada beberapa titik lubang yang dibuat terkendala batu di dalamnya, sehingga harus membuat titik lubang baru.

Rencananya PLN akan mendirikan 20 tiang listrik 13 meter di sekitar lokasi kejadian. Saat ini kondisi listrik di lokasi bencana sudah menyala.

Warga bersama stakeholder terkait tetap melakukan piket jaga posko meskipun pergerakan tanah sudah mulai berkurang. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. (Humas)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)