Seni dan Budaya

Pemkab. Trenggalek Tidak Pernah Larang Budaya Kearifan Lokal yang Berkembang di Masyarakat

Admin | Jumat, 24 Maret 2017 - 14:23:32 WIB | dibaca: 567 pembaca

Banyaknya anggapan masyarakat yang menyatakan bahwa Pemerintahan Kabupaten Trenggalek melarang beberapa budaya kearifan lokal yang selama ini berkembang. Seperti misalnya takbir keliling dan penerbangan balon ditentang oleh Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M,Sc.


Dalam sambutannya di pembukaan pawai Gebyar Ketupat di Kelurahan Kelutan, Bupati menyatakan, “saat ini marak pemberitaan Pemerintah melarang, atau tidak boleh merayakan takbir keliling, penerbangan balon udara. Sebenarnya tidak ada larangan itu. Jadi sudah saya pastikan tidak ada, tinggal koordinasi dengan Muspika masing-masing. Tidak ada larangan ronda keliling, apalagi Agustus nanti ada pawai ronda tethek. Itu boleh, yang penting, yang diijinkan adalah tertib,” katanya di hadapan warga.


Saya kasih contoh kenapa takbir keliling itu tidak boleh, kemarin saya dilapori oleh Pak Camat di Munjungan, bahwa pawai keliling dilaksanakan dengan tertib. Tidak ada kejadian yang pernah terjadi seperti minum-minuman miras saat takbir keliling. Nah ini merupakan salah satu bukti dimana tradisi-tradisi di Trenggalek yang selama ini membudaya dan melekat itu ditinggalkan.”ungkap Bupati Emil.

Contoh lainnya kayak balon, salah-salah bisa saja balon ini menyulut kebakaran. Maksudnya bukan dilarang melainkan upaya penertiban untuk berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan dilapangan, kalau perlu laporkan kepada Muspika setempat. Didalam Muspika itu ada Camat, Kapolsek dan Danramil,”  kata bupati.
Lebih lanjut, Sehingga pada dasarnya himbauan yang disampaikan selama ini merupakan upaya penertiban, bukannya pelarangan. Supaya maksud dari masyarakat yang ingin melakukan perayaan sebagai perwujudan rasa senang, tidak mengakibatkan musibah dan malapetaka bagi orang lain.”Imbuhnya (Humas)










Komentar Via Website : 44
Cara Mengobati Bisul Di Kepala
05 Juli 2017 - 13:52:14 WIB
Cara Mengobati Bisul Di Kepala
05 Juli 2017 - 13:51:55 WIB
Cara Mengobati Bisul Di Kepala
05 Juli 2017 - 13:52:04 WIB
Devi
05 Juni 2017 - 06:09:23 WIB
Budaya lokal harus dilestarikan.
http://iklanluki.com/
Cream Penghilang Bopeng Bekas Jerawat Di Apotik
14 April 2017 - 10:43:54 WIB
salep bekas jerawat > http://ow.ly/Z94430aQQr0
Ramuan Tradisional Untuk Nyeri Sendi
13 April 2017 - 14:43:00 WIB
Senior Living If for Blessing https://goo.gl/yFKLuj don't forget visit http://obatasamlambungtradisional.com/
AwalKembali 123... 5 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)