Beranda

Pemkab Trenggalek Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD 2018

Pemkab Trenggalek Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD 2018

Admin | Rabu, 12 April 2017 - 10:55:06 WIB | dibaca: 518 pembaca

Pemerintah Kabupaten Trenggalek, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2018. Musrenbang ini digelar di Aula Majapahit Hotel Hayam Wuruk Trenggalek. Musrenbang ini diawali dengan doa dan pertunjukan tari Remong sebagai pembuka kegiatan.

Kepala Bapedalitbang Trenggalek, drg. Unung Isnaini Diah, MM dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dari penyelenggaraan Musrenbang RKPD merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah dan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

“Tujuan dari pelaksanaan ini adalah sebagai forum antar pemangku kepentingan untuk membahas rancangan RKPD, adapun sasarannya yaitu menyempurnakan dokumen rancangan RKPD sehingga menjadi dasar perumusan rancangan akhir RKPD Kabupaten Trenggalek Tahun anggaran 2018,” ujar Unung.

Dalam Musrenbang ini juga dipaparkan juga RPJMD Provinsi Jatim oleh Kepala Bakorwil III Madiun, Supriyanto, SH, MH. Disampaikan oleh Supriyanto "dalam penyusunan RPJMD Daerah diperlukan sinkronisasi perencanaan pembangunan mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat. Pertumbuhan perekonomian di Provinsi Jatim dapat mencapai angka 5,8% di tengah-tengah gejolak perekonomian global," jelasnya. Banyak hal yang disampaikan oleh Kepala Bakorwil III Madiun mengenai RPJMD Jatim.

Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, H. Samsul Anam, S.H, M.M, M.Hum, menyampaikan "perlu disyukuri pemerintahan saat ini sangan partisipatif dan komunikatif demi kebaikan masyarakat," ucapnya.

"Masyarakat tidak hanya sebagai obyek dalam pembangunan, melainkan juga sebagai subyek dan pelaku pembangunan itu juga. Selain itu DPRD mendukung upaya perwujudtan pembangunan berkelanjutan yang berpihak terhadap masyarakat," tandasnya.

Diserahkan dalam Musrenbang ini penghargaan bagi tiga Kecamatan yang melaksanakan Musrenbang terbaik di Tahun 2017 ini. Juara I diraih Kecamatan Bendungan, juara II Kecamatan Pogalan dan Juara III Kecamatan Panggul.

Ditempat yang sama Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, didampingi Wakil Bupati, H. Moch. Nur Arifin dalam sambutannya usai membuka rangkaian kegiatan Musrenbang ini, menyampaikan "masih terngiang diingatan saya Tahun 2016 yang lalu, saya bersama Pak Wabup dilantik menjadi Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek. Saat ini pemerintahan kami ini sudah memasuki tahun yang kedua. Dan kami masih berkomitment untuk membawa Trenggalek menjadi yang terdepan di Pesisir Selatan. Ini bukan mimpi namun perlu kita wujudkan bersama", jelasnya.

Diceritakan oleh Bupati Emil Dardak, "saat ini pemerintah Daerah, tengah membangun episentrum perekonomian baru di Pesisir Selatan. Prigi akan kita rubah menjadi sebuah kota baru. Para pedagang kita lakukan penataan ulang, berubah dari pedagang kecil menjadi pedagang yang inovatif baik dari displai, kemasan maupun inovasi lainnya untuk menghindari tekanan dari para kapitalis, pemodal besar."

“Kami yakin berbagai usulan prioritas telah ditampung, disaring dan diselaraskan dengan arah kebijakan dan strategi pembangunan baik di tingkat pusat maupun dengan provinsi, yang nantinya diharapkan dapat menjadi dokumen terpadu dengan RPJMD Lima Tahunan, kami optimis bahwa Musrenbang RKPD untuk Tahun 2018 ini akan semakin memperkuat pencapaian visi dan misi Pemkab Trenggalek yang kemudian akan mendukung pencapaian prioritas pembangunan di pesisir Selatan Jawa yang tentunya memberikan berkontribusi nyata bagi masyarakat, Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pusat,” ujar Emil.

Perlu kami tekankan disini, bahwa pada RKPD tahun 2018 ini, kita akan melaksanakan RPJMD tahun yang kedua pemerintahan kami, oleh sebab itu, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya harus mampu memperkuat hasil pembangunan di tahun sebelumnya dan hasilnya menjadi landasan yang kuat ke arah pencapaian visi dan misi lima tahun pemerintahan kami. Dapat dikatakan, RKPD tahun 2018 ini merupakan tahap konsolidasi akhir dan penajaman program serta kegiatan untuk kesuksesan RPJMD sehingga harus dioptimalkan penyusunan dan pelaksanaannya,” tambah Emil Dardak.

“Harapan kami, nantinya agar apa yang kita hasilkan, putuskan dan sepakati benar-benar dijabarkan dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah dan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) perangkat daerah, agar pada saatnya kita akan menghasilkan APBD pada tahun depan yang semakin capable mengakumulasi berbagai kebutuhan pembangunan daerah dan kualitasnya semakin baik dari tahun ke tahun,” tutup Emil.

Banyak hal baik gagasan maupun arah kebijakan pemerintah daerah yang akan diambil kedepannya untuk membawa kemakmuran masyarakat.

Hadir dalam acara ini Kepala Bakorwil III Madiun, Supriyanto,SH, MH, Forkopimda Kabupaten Trenggalek, Anggota Legislatif, Organisasi Vertikal, BUMN, BUMD, Muspika, Seluruh Kepala Desa, Lurah, Ormas, Organisasi Keagamaan dan segenap Tamu undangan yang hadir. “(Humas-Trenggalek)










Komentar Via Website : 53
Cara Mengobati Psoriasis
21 Juni 2017 - 04:25:24 WIB
ditunggu berita menarik lainnya ...
http://goo.gl/NxoQGK > http://goo.gl/ZIvhrb
Obat Hiperemesis Gravidarum Herbal Alami
16 Juni 2017 - 15:15:46 WIB
Sukses kedepannya
https://goo.gl/SpHHuF
Cara Mengobati Perut Bengkak Akibat Liver
22 April 2017 - 11:20:10 WIB
Have a good day, bismillah http://mysp.ac/3mY1I
Jelly Gamat QnC
19 April 2017 - 13:24:49 WIB
sunggguh informasi yang anda bawakan sangat menarik dan bermanfaat, sukses selalu. http://www.fikodominic.blogspot.com/ | http://goo.gl/tbL5wZ
AwalKembali 123... 6 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)