Ekonomi

Pemkab Trenggalek Gelar Forum Discussion Group: Pemberdayaan Usaha Mikro

Admin | Jumat, 23 Desember 2016 - 09:40:08 WIB | dibaca: 310 pembaca

Segala upaya dilakukan pemerintah untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat. Salah satu bentuknya adalah dengan menggelar Diskusi Kelompok Terarah/Focus Group Discussion (FGD) tentang Ekonomi yang dilaksanakan hari Rabu (21/12) di Balai Benih Ikan Trenggalek. Bappeda selaku pelaksana kegiatan tersebut, mengambil tema Pemberdayaan Usaha Mikro dalam Prespektif Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Trenggalek.

 

Untuk mensukseskan serta memenuhi tujuan dan sasaran FGD yaitu untuk memberikan solusi pengentasan kemiskinan di Trenggalek, panitia mengundang berbagai kalangan mulai dari SKPD terkait, camat, kalangan perbankan, lembaga keuangan, pengusaha, pengusaha mikro, praktisi ekonomi, akademisi maupun tokoh masyarakat.

 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Prof. Jupono dari APN Malang, Prof.  Dr. Dyah Sawitri, SE, MM, praktisi akademisi yang juga menjadi mentor Desa Adopsi. Kegiatan FGD dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin, yang juga sebagai Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Trenggalek.

 

Agar lebih menarik dan terdapat ilmu yang bermanfaat panitia mendatangkan narasumber H. Mujito Santo, pelaku UKM dan inisiator sentra oleh-oleh Kranding dan Wabup Arifin yang juga pengusaha peralatan rumah tangga. Laju diskusi ini dimoderatori oleh Asisten II Setda Trenggalek, Ir. Agung Sujatmiko.

 

Dalam paparannya Ketua TKPK Trenggalek, H. Moch Nur Arifin memaparkan bahwa kemiskinan merupakan suatu permasalahan yang ada hampir di seluruh daerah di Indonesia bahkan dunia. "Angka kemiskinan di Kabupaten Trenggalek sebesar 13, 39 %, sebenarnya angka ini cenderung mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Namun bila standart kemiskinan yang kita gunakan, menggunakan standart dunia pastinya angka ini akan semakin lebih besar lagi," ungkapnya.

 

"Angka ini merupakan PR kita, bagaiman cara untuk mengentaskannya. Setelah kemarin kita berbicara mengenai GERTAK (Gerakan tengok bawah masalah kemiskinan), saat ini kita membahas mengenai bagaimana cara pengentasannya," imbuhnya.

 

Beberapa hal dipaparkan oleh wakil bupati termuda tersebut, mulai terkait kebijakan-kebijakan pemerintah ataupun bagaimana upaya serta sarana pendukung untuk menghidupkan UMKM, pertanian dan beberapa hal lainnya. (Humas)










Komentar Via Website : 7
Kontak Perkasa Futures
05 Mei 2017 - 09:24:22 WIB
terimakasih infonya http://goo.gl/p3mSBC
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)