Ekonomi

Kuatkan Daya Saing Gangsar, Pemkab Trenggalek Launching Sekolah Pasar

Admin | Rabu, 21 Desember 2016 - 09:57:59 WIB | dibaca: 214 pembaca

Selasa (20/12)

Pasar tradisional merupakan urat nadi perekonomian masyarakat menengah kebawah. Sehingga untuk tetap melestarikan perekonomian masyarakat agar tetap survive dan memiliki daya saing, Pemkab Trenggalek terus melakukan inovasi. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan menggelar sekolah pasar.

Sekolah pasar yang diselenggarakan oleh Dinas Pendapatan Kabupaten Trenggalek tersebut telah terlaksana tahun 2016. Dan pada hari Selasa (20/12), Dispenda me-launching kembali sekolah pasar. Tak tanggung-tanggung, untuk mensukseskan program tersebut sehinga pasar tradisional dapat lestari, Pemkab Trenggalek menggandeng Pusat Kajian Ekonomi Kerakyatan (PUSTEK) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

PUSTEK UGM sendiri telah memiliki banyak pengalaman dalam pendampingan pasar tradisional, bahkan beberapa pasar tradisional di Yogyakarta tetap lestari dan eksis di bawah persaingan pasar global dan pasar modern.

Kepala Dispenda Trenggalek, Ir. Yudi Sunarko, M.Si., saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa program revitalisasi pasar tradisional merupakan program yang bersekala nasional. Di daerah pun program tersebut tertuang dalam RPJMD.

"Jadi revitalisasi pasar tradisional ini merupakan program nasional strategis yang didukung dana dari Pusat, Provinsi maupun Daerah. Kalau kita cermati ada tiga modal dasar pasar tradisional yang perlu kita kembangkan. Tiga modal dasar ini adalah SDM, Material dan Kelembagaan," ungkapnya.

"Untuk modal SDM dan kelembagaan ini fokusnya pada para pedagang. Jadi tidak ada artinya bila hal-hal yang bersifat material ini kita perbaiki, apabila SDM dan kelembagaannya tidak kita perhatikan dengan baik kualitasnya," imbuh Yudi Sunarko. (Humas)










Komentar Via Website : 5
A Level ICGSE in Jakarta
26 Juni 2017 - 08:41:33 WIB
Wah, kalau para pedagang pasar diberikan pendidikan sesuai dengan profesinya, akan banyak pedagang yang survive. Dan dampaknya juga berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.

Regard's
https://goo.gl/sbMTmn - A Level ICGSE in Jakarta
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)