Ekonomi

Tingkatkan Kenyamanan dan Daya Tawar ...

Bupati Emil Dardak Rencanakan Revitalisasi Pasar Bendo dan Pasar Pon

Admin | Rabu, 21 Desember 2016 - 09:25:34 WIB | dibaca: 383 pembaca

Pasar merupakan pusat perekonomian rakyat. Untuk meningkatkan perekonomian ini segala daya dan upaya dilakukan oleh pasangan Bupati Trenggalek Dr. Emil Dardak dan Wakil Bupati H. Moch. Nur Arifin. Salah satu upaya yang dilakukan merevitalisasi Pasar Bendo dan Pasar Pon. Revitalisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan para pedagang dan pengunjung sekaligus meningkatkan daya tawar pasar itu sendiri.

Jum'at (16/12) Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, mendampingi tim survey dari Kementrian Perdagangan untuk meninjau kondisi di lapangan dua pasar yang akan direvitalisasi tersebut. Dua pasar ini merupakan pasar yang posisinya sangat strategis, Pasar Pon terletak di jantung kota, sedangkan Pasar Bendorejo Pogalan letaknya di tepi Jalan Nasional.

Rencananya di tahun 2017 nanti dua pasar ini akan dilakukan revitasisasi ulang, dilakukan pengupgradetan menjadi pasar tradisional yang memenuhi standarisasi kementrian perdagangan.

Di tahun 2017 nanti Pasar Bendo akan mendapatkan dana sekitar Rp 6 miliar dari APBN, sedangkan Daerah hanya perlu mempersiapkan dana pendampingannya. Sedangkan untuk Pasar Pon sendiri, karena lokasinya yang sangat besar serta termasuk pasar kuat, penanganannya tidak bisa serta merta instan.

Dikonfirmasi saat mendampingi tim survey dari Kementrian Perdagangan ini Dr. Emil Dardak, menyatakan "patut disyukuri pasar ini merupakan salah satu dari 79 pasar yang akan direvitalisasi oleh Kementrian Perdagangan," ucapnya.

"Tujuh puluh sembilan pasar yang diajukan kepada Pak Menteri, dan kesemuanya ini InsyaAllah akan menggunakan konsep modern".

"Modern yang dimaksud merupakan tata letak dan kenyamanannya yang cukup baik, seperti halnya pada pasar-pasar yang ada di realestate Jakarta. Dan ini akan kita coba di Bendorejo," imbuhnya.

"Sudah ditinjau pasarnya, dan pedagangnya kooperatif semuanya. Memang ada sedikit justice minor yang masih bisa kita atasi".

"Lalu kita mampir di Pasar Pon. Pasar ini memang sedikit besar, sehingga butuh penanganan dan perencanaan yang tidak bisa instan. Sehingga atas arahan dari pimpinan juga, beliau ini dari kementrian diminta untuk meliahat, untuk mendapatkan adsense bahwa pasar ini seperti apa".

"Karena ini bukanlah pasar basah, melainkan pasar kering yang memang benar-benar sentra ekonomi rakyat yang sangat baik. Kalau di tata ulang mungkin bisa menambah PDRB kita. Apalagi pasar ini merupakan icon utama kita di tengah kota".

"Untuk pasar kuat, memang menurut Pak Menteri peran swasta perlu untuk dilibatkan. Bisa saja kita melibatkan swasta tetpi konsepnya seperti apa perlu untuk kita bahas bersama-sama".

"Selain itu kita juga sudah menyampaikan kepada Pak Menteri, Trenggalek siap menjadi manuver Project ini," tandasnya. (Humas)










Komentar Via Website : 4
Aria
06 April 2017 - 14:11:41 WIB
Kalau memang revitalisasi pasar ini bisa meningkatkan gairah para penjual dan pembeli, lebih baik dilakukan dengan segera pak :D Jangan ditunda-tunda biar para penjual dan pembeli bisa melakukan aktifitasnya lagi. Siapa tau denga dilakukannya revitalisasi pasar ini, bisa menjadi daya tarik bagi para pemegang saham hehe
http://www.daduweb.com/
Aria
06 April 2017 - 14:11:09 WIB
Kalau memang revitalisasi pasar ini bisa meningkatkan gairah para penjual dan pembeli, lebih baik dilakukan dengan segera pak :D Jangan ditunda-tunda biar para penjual dan pembeli bisa melakukan aktifitasnya lagi. Siapa tau denga dilakukannya revitalisasi pasar ini, bisa menjadi daya tarik bagi para pemegang saham hehe
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)