Wisata

Masakan Lodho Khas Trenggalek Ditetapkan Menjadi Warisan Budaya Tak Benda

Admin | Kamis, 01 Desember 2016 - 16:20:28 WIB | dibaca: 260 pembaca

Lodho atau Ayam Lodho merupakan suatu masakan yang berasal dari daerah Mataraman. Masakan ini berbahan dasar ayam kampung yang dimasak menggunakan santan dan bumbu-bumbu rempah yang kuat. Makanan khas daerah di Jawa Timur yang salah satunya juga menjadi khas daerah Trenggalek ini, ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan penetapan warisan budaya tak benda Jatim, Lodho sah menjadi milik masyarakat Jawa Timur. Sehingga tidak bisa diaku-aku menjadi milik daerah manapun termasuk negara tetangga.

Berbicara Lodho, di Trenggalek masakan ini merupakan makanan khas daerah ini, selain beberapa wisata kuliner lainnya. Lodho merupakan makanan khas tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Bumi Menaksopal.

Kuliner warisan leluhur ini cocok dipadukan dengan nasi uduk/gurih. Dalam rangka pelestariannya tidaklah berlebihan apabila Ayam lodho merupakan menu wajib yang tersedia di setiap acara perjamuan, termasuk pesta, syukuran, perkawinan, dan acara-acara khusus lainnya.

Keberadaan nasi ayam lodho sebagai warisan dari orang-orang terdahulu ternyata masih lestari hingga sekarang, bahkan dengan tetap mempertahankan resep aslinya, yakni dengan racikan bumbu rempah-rempah yang sangat mungkin sukar untuk ditiru oleh bangsa lain.

Orang-orang yang masih melestarikan masakan tradisional ini kebanyakan sudah berusia lanjut, dan tentunya diharapkan keaslian resep nasi ayam lodho dapat dipertahankan selama mungkin.

Dilihat dari wujudnya, nasi ayam lodho mungkin sedikit serupa dengan opor atau kare ayam karena sama-sama berjenis masakan bersantan. Akan tetapi, nasi ayam lodho punya kekuatan cita rasa tersendiri. Selain memakai ayam kampung yang tentunya jauh lebih lezat ketimbang ayam negeri, bumbu rempah-rempah semakin menguatkan cita rasanya. Bila kita mencoba masakan ini dipastikan dapat menggoyang lidah penikmatnya, dan pastinya mengenyangkan perut.

Ciri khas nasi ayam lodho Trenggalek sebenarnya terletak pada citarasa pedasnya. Ada beberapa tempat makan di Trenggalek yang khusus menyediakan menu nasi ayam lodho dengan rasa yang pedasnya super nendang. Salah satunya di desa Kesungguhan kecamatan Pogalan. Bagi yang tidak suka pedas tinggal menyesuaikan jumlah cabai yang ada pada kuah masakan ini. Bila kita mencoba dipastikan akan ketagihan. (Humas)










Komentar Via Website : 1
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)